Selamat Datang Di Blogg Kelompok Kami, Jangan Lupa Di Baca Ya !

Sabtu, 14 September 2013

Sejarah Terbentuknya Soneta Grup

SEJARAH TERBENTUKNYA SONETA GRUP

   Soneta Grup adalah sebuah grup musik dangdut dari Indonesia yang di dirikan oleh Rhoma Irama.
Pada tanggal 7 Desember 1970 terbentuklah grup musik yairu Soneta Grup dan di deklarasikan pada tanggal 13 Oktober 1973, Rhoma mencanagkan semboyan "Voice of Moslem"(Suara Muslim) yang bertujuan menjadi agen pembaru musik Melayu yang memadukan unsur musik rock dalam musik Melayu serta melakukan improvisasi atas aransemen, syair, lirik, kostum, dan penampilan di atas panggung. Menurut Achmad Albar, penyanyi rock Indonesia "Rhoma pionir. pintar mengawinkan orkes Melayu dan rock". Tetapi jika kita amati ternyata bukan hanya rock yang di padukan oleh Rhoma Irama tetapi musik pop, India, dan orkestra juga. Inilah yang menyebabkan lagu Rhoma mempunyai cita rasa yang berbeda.
        
   Anggota Soneta Grup terdiri dari "H.Rhoma Irama (Vocal Gitar), H.Nasir (Mandolin), H.Chovif (Gendang dan Drum), H.Hadi (Seruling), H.Iswan (Keyboard 1), Kozy (keyboard 2), Didi Harisman (Rythm), Dadi (Trumpet), Koko (Saxopon), Banda (Alto), Achmadi (Bass), Zulham Effendi (Dholak), Baharudin (Seruling) "pengganti H.Hadi, Zuhri Nasir (Mandolin) "Pengganti H.Nasir, Neneng Susanti (Soneta Femina), Dewi Widyasari (Soneta Femina), Aida Fitria (Soneta Femina), Fujiyanti (Soneta Femina)".
   Penghargaan yang pernah di raih oleh soneta grup adalah Singapura pada tahun 2000"SouthThe  East Asia Superstar Legend di 7" dan Lifetime Achievement Awards pada tahun 2011. 
   Lagu-lagu yang pernah di bawakan oleh soneta grup sangat banyak, antara lain Begadang, Penasaran, Rupiah, Darah Muda, Musik,200 juta, Santai, Hak Azazi, Begadang 2, Sahabat, Indonesia, Renungan Dalam Nada, Emansipasi Wanita, Judi, Gali Lobang Tutup Lobang,Bujangan, Asmara, Seni, Stop, 1001 Macam, Camelia, Jaga Diri, Puing-puing, Persetan, Perjuangan dan Do'a, Euphoria, Modern, Purnama, Bimbang, Kehilangan Tongkat, Ani, Pertemuan, Malam Terakhir, Lapar, dan masih banyak lagi.
        
   Selain itu juga, Vokalis Soneta Grup Yaitu Rhoma Irama juga pernah membintangi Film-Film di tanah air seperti,: Oma Irama Penasaran, Gitar Tua Oma Irama, Darah Muda, Begadang, Berkelana 1, Bekelana 2, Raja Dangdut, Camelia, Cinta Segitiga, Pejuangan dan Do'a, Melodi Cinta, Badai di Awal Bahagia, Satria Bergitar, Jaka Swara, Sebuah Pengorbanan, Cinta Kembar, Menggapai Matahari 1, Menggapai Matahari 2, Sajadah Ka'bah, dan masih banyak lagi.

  Adalah suatu keinginan bagi kita semua untuk mencari tahu seperti apa dan bagaimana perjalanan SONETA sejak didirikannya hingga bertahan di usia 40 tahun ini. Vocalis dari SONETA GRUP adalah seorang putra dari tokoh pejuang nasional Raden Berdah Anggrawirya dan pasangan Tuti Juariah yang di lahirkan di Tasikmalaya pada tanggal 11 Desember 1947.
   Rhoma Irama tumbuh dalam keluarga yang mencintai Kesenian, dari keluarga inilah Rhoma mendapatkan bakat seni yang kelak menjadikannya superstar musik dangdut dengan di juluki si Raja dangdut. Rhoma Irama mengawali karirnya sebagai penyanyi lagu-lagu pop baik pop dengan bahasa sunda maupun pop bahasa Indonesia, Sepanjang Karir di dunia pop tersebut ia terlibat bergabung dengan beberapa Grup band seperti D'Galaxi, Gayhand, Torndo, dll.
   Tahun 1975 Rhoma Irama membuat gempar dengan keluar dari bendera remaco dan bergabung dengan Yuwaki. Sebuah keputusan berani mengingat saat itu Remaco adalah perusahaan rekaman terbesar di Indonesia dengan barisan grup dan penyanyi top seperti Koes Plus, Bimbo, Favourites, Eddy Silitonga dan masih banyak lagi artis-artis top lainya. 

Sumber: Wikipedia
Posting By: Rohmattullah
E-mail: rohmattullah_kareo@yahoo.com

4 komentar:

  1. Rhoma Irama memang tidak ada matinya..!

    BalasHapus
  2. BOLEH TANYA JABAW TENTANG ROMA IRAMA GAK ?

    BalasHapus
  3. jadi ingat waktu kecil diajak paman nonton film Rhoma..kebetulan paman waktu itu ngefans banget sama rhoma irama...

    BalasHapus
  4. 1 rumah di kluarga saya ,fans berat anda bang haji

    BalasHapus