Selamat Datang Di Blogg Kelompok Kami, Jangan Lupa Di Baca Ya !

Rabu, 20 November 2013

sejarah singkat turunya al-quran


Para ulama’ Ulumul Al-Qur’an membagi sejarah turunnya Al-Qur’an dalam 2 periode. 1 periode sebelum hijrah dinamai makiyah, 2 periode sesudah hijrah dinamai madania. Tapi disini, akan dibagi sejarah turunnya Al-Qur’an dalam tiga periode meskipun pada hakikatnya periode pertama dan kedua dalam pembagian tersebut adalah kumpulan dari ayat makiyah, dan periode ketiga adalah ayat-ayat madaniyah.
Periode I
Ketika wahyu pertam (Iqra’) turun Nabi belum dilantik menjadi rasul, baru ketika ayat kedua turun “wahai yang berselimut, bangkit dan berilah peringatan” (QS 74:1-2). Pada periode ini berlangsung 4-5 tahun dan sebagian besar menolak ajaran Al-Qur’an.
Periode II
   Periode ini berlangsung 8-9 tahun dengan banyaknya kerusuhan antara Islam dan jahiliyah mulai dari fitnah, Intimidasi, dan penganiayaan, sehingga ummat nabi terpaksa hijrah ke habsy dan pada akhirnya bersama Rasulallah pindah ke madinah
Pada masa ini ayat turun silih berganti kadang memberi berita baik kadang buruk, kepastian adanya hari kiamat.
Periode III
  Periode in berlangsung selama 10 tahun ini dapat mewujudkan suatu prestasi besar karma penganutnya telah dapa hidup bebas melaksanakan ajaran-ajaran agamadi yatsrib (Al-Madinah) dimana pada masa ini timbul bermacam-macam peristwa yang komplek dengan orang yang tidak beriman sehingga turunlah (QS 9:13-14) menyeru memerangi kaum tidak beriman yang telah memulai peperangan.
Semua ayat ini memberikan bimbingan kepada kaum muslim menuju jalan yang diridloi tuhan disamping mendorong mereka untuk berjihad dijalan Allah, sambil memberikan didikan akhlak dan suluk yang sesuai dengan keadaan mereka dalam bermacam-macam situasi.
 
 Sunber : http://minarisri.blogspot.com/2012/10/sejarah-singkat-turunya-al-quran.html
 
Post by : Rohmattullah
E-mail : rohmattullah_kareo@yahoo.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar